Home » » Obyek Wisata Air Terjun Sendang Gile serta Tiu Kelep di Lombok

Obyek Wisata Air Terjun Sendang Gile serta Tiu Kelep di Lombok

Air Terjun Sendang Gile serta Tiu Kelep ada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Ada dua jalur yang dapat dipakai untuk meraih tempat ini, yakni lewat jalur Senggigi atau jalur Pusuk yang membutuhkan saat yang cukup lama. Tetapi seluruhnya itu bakal terbayar dengan keindahan air terjun yang indah serta indah ini. Air Terjun ini nampak dari atas tebing dengan ketinggian seputar 30 m dengan debet air yang cukup besar. Di bawahnya ada sungai-sungai kecil hingga pengunjung bisa berenang atau sebatas mandi di dalam sejuknya pegunungan yang masih tetap fresh.




Bila melalui jalur Pusuk, selama jalan Anda bakal disuguhi dengan panorama sawah serta hijaunya gunung-gunung. Tetapi anda akan melalui jalan berkelok serta menanjak sampai meraih puncaknya Pusuk. Di Puncak Pusuk (Pusuk Pass) ada daerah wisata yang sepenajng jalan Anda dapat merasakan monyet-monyet kecil berkeliaran.

Bila meniti jalur Senggigi, jadi jarak tempuh bakal lebih jauh di banding dengan jalur Pusuk. Tetapi suguhan panorama di jalur ini tidaklah pegunungan, tetapi pantai. Terdapat banyak pantai yang bakal dilalui di sini, dari mulai Pantai Meninting, Pantai Batu Bolong, Pantai Senggigi, Kerandangan, Malimbu, serta 3 pulau gili eksotis di Barat Pulau Lombok yakni Gili Menu, Gili Air serta Gili Trawangan.






Penjalanan untuk menuju gerbang Air Terjun membutuhkan saat seputar 2 jam. Setelah itu kita mesti jalan kaki melalui anak tangga menuruni bukit yang sejumlah beberapa ratus yang membutuhkan saat seputar 15 menit untuk menuju ke Air Terjun Sendang Gile. Sedang Air Terjung Tiu Kelep berjarak seputar 15 menit lagi dari Sendang Gile dengan jalan kaki.

Air Terjun ini, konon tak berniat diketemukan oleh masyarakat setempat yang tengah menguber singa hilang ingatan yang meresahkan warga desa. Orang setempat menyebutkan Singa gile dengan Senggang hilang ingatan. Tetapi pelafalan senggang perlahan beralih jadi sendang. Tersebut penyebab air terjun ini lebih di kenal dengan sebutan Sendang gile (Sendang hilang ingatan) pada sekarang ini. Konon tuturnya, orang yang yang mandi di air terjun ini dapat jadi awet gampang. hehe..

Sesudah senang bermain air, Anda berkunjung isi perut sembari nikmati kesejukan pegunungan di Rumah Makan Senaru. Di sini Anda dapat nikmati aneka makanan namun masih tetap dapat melihat keindahan air terjun dari terlalu jauh dan terasa menyenangkan. jika anda berlibur atau berwisata ke lombok bisa menggunakan jasa paket tour lombok atau sewa mobil di lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.