Home » , » Ayo berwisata trekking ke gunung rinjani lombok

Ayo berwisata trekking ke gunung rinjani lombok

Gunung Rinjani terdapat di samping Utara Lombok, adalah puncak paling tinggi di Nusat Tenggara Barat serta paling tinggi ketiga di Indonesia dengan ketinggian seputar 3726 m dari permukaan laut. Gunung ini dipercaya beberapa orang-orang Lombok juga sebagai tempat bersemayam ratu jin bernama Dewi Anjani, putri raja Datu Tuan dari permaisurinya Dewi Mas, yang memerintah suatu kerajaan kecil di Lombok. 



Lepas dari legenda itu, Gunung Rinjani adalah salah satu maksud wisata di Pulau Lombok yang cukup diminati. Gunung ini menaruh sejuta pesona serta mempunyai potensi geowisata yang menarik serta hampir prima, istana yang layak untuk sang Dewi Anjani. Di antara daya tarik Gunung Rinjani yaitu pemandangan kaldera, danau, puncak, kawah, air terjun, mata air panas, goa, lubang letusan serta aliran lava baru. Diluar itu, sebagian titik di seputar Gunung Rinjani seperti Senaru, Sembalun, serta Tetebatu sering disinggahi beberapa wisatawan lantaran keindahan alam pegunungannya. 



Hal yang paling eksotis yang bisa didapati di Gunung Rinjani yaitu Segare Anak (Segare berarti laut serta Anak berarti anak) yang terbentuk dengan cara alami disebabkan letusan Gunung Rinjani. Orang-orang setempat menyebutnya Segara Laut lantaran warna air di danau ini berwarna biru seperti laut. Danau ini terdapat di ketinggian 2. 800 m, serta ada beragam type ikan di sini seperti ikan mas, mujair serta harper. 


Danau Segare Anak oleh orang-orang seputar juga diakui memiliki keajaiban yang bisa mengobati penyakit. Danau ini dulunya juga kerap dipakai juga sebagai tempat pemujaan untuk memperoleh benda-benda sakti. 


Di dekat danau Segare Anak juga ada gunung kecil yang dimaksud Gunung Baru Jari (New Mountain). Tidak sering ada orang yang dapat ke puncak Gunung Baru, mungkin saja hal semacam ini karena Gunung Baru masih tetap aktif serta keluarkan gas. 



Pesona Flora serta Fauna Gunung Rinjani 
Terkecuali mempunyai panorama yang eksotis, Gunung Rinjani juga kaya dengan beragam type flora serta fauna. Di samping selatan serta barat pada ketinggian 1. 000 - 2. 000 mtr. banyak ditumbuhi Dysoxylum sp, pterospermum, serta Ficus superba. Pada ketinggian 2. 000-3. 000 mtr. banyak tumbuh cemara gunung (Casuarina junghuhniana). Tetapi pada ketinggian di atas 3. 000 mtr. miskin bakal tumbuhan, cuma ditumbuhi rumput serta bunga edelweiss (Anaphalis javanica) serta di samping timur gunung banyak ditumbuhi pohon akasia. 


Diluar itu terdaftar 109 type burung hidup di Gunung Rinjani. Sebagian salah satunya yaitu type burung yang ada di Australia, monyet perak yang datang dari Bali, rusa serta landak. Sesaat di Pelawangan Sembalun, Lombok Timur ada monyet ekor panjang yang sukai mengganggu kemah beberapa pendaki. Mereka sangatlah pintar buka tenda untuk mengambil makanan serta di kenal sangatlah garang serta berani. 


Beragam pesona tersebut jadi magnet yang dapat menarik ketertarikan wisatawan mancanegara ataupun nusantara untuk mendaki serta mengalahkan gunung yang mempunyai ketinggian nyaris empat km. itu. Beberapa wisatawan yang mendaki gunung itu yaitu wisatawan ketertarikan spesial yang suka pada tantangan. Silakan saksikan di sini untuk info sekitar trekking di Rinjani. 

Dibalik sejuta pesona yang dipunyai gunung api itu, sesungguhnya Gunung Rinjani adalah salah satu dari enam gunung di Indonesia yang cukup bahaya untuk didaki. Karenanya tak terlalu berlebih bila Rinjani dijuluki object wisata " maut ". Sampai saat ini gunung yang disebut-sebut banyak menaruh misteri itu sudah menelan cukup banyak korban jiwa. Cuaca jelek dibarengi datang dengan cara mendadak kadang-kadang mengakibatkan pendaki tersesat serta pada akhirnya diketemukan tidak bernyawa. Tetapi, bila Anda termasuk juga orang yang suka pada pendakian serta tantangan, apa kelirunya bila coba berwisata sekalian menguji mental anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.