Home » » Obyek Wisata Pura BatuBolong Lombok

Obyek Wisata Pura BatuBolong Lombok

Pura Batu Bolong terdapat di bebatuan dekat Pantai Senggigi, Batu layar, samping barat laut Kota Mataram, Lombok Barat. Perjalanan ke Lombok Anda kelihatannya tak komplit bila tak berkunjung ke Pantai Senggigi, object wisata Pulau Lombok yang menjanjikan pesona alam yang luar biasa. Bahkan juga lantaran keindahan Pantai Senggigi, salah satu novelis Indonesia, Mira W., menulis suatu novel berjudul " Segurat Ferris di Pantai Senggigi. " Ditempat ini ada beragam atraksi wisata, satu diantaranya yaitu suatu pura yang dimaksud Pura Batu Bolong.

Seperti namanya, Pura Batu Bolong terdapat diatas batu hitam Pantai Senggigi yang mempunyai lubang ditengah atau lubang di dalam. Dengan posisinya yang menjorok ke laut, candi ini mempunyai situasi keindahan sendiri. Tempat suci umat Hindu ini sepintas bakal mengingatkan Anda pada Pura Tanah Lot yang ada di Bali, bangunan beribadah yang terdapat di bibir pantai dengan posisi menjorok ke laut.





Nada ombak yang menghantam batu, lalu mengalir lewat lubang menganga ditingkahi angin laut bertiup bakal membuat keajaiban sendiri untuk siapapun yang menginjakkan kaki di Pura Batu Bolong. Pura yang bertemu segera dengan Selat Lombok serta Gunung Agung Bali ini membuat atmosfer spiritual yang dapat memberi ketenangan untuk umat Hindu yang ngaturang dedikasi (doa serta beribadah) di candi ini.

Diatas batu-batu besar berwarna hitam itu ada dua candi. Waktu jalan menuruni tangga, Anda bakal temukan candi pertama yang berdiri dibawah naungan pohon rindang. Sedang candi ke-2 berdiri diatas batu yang naik seputar 4 mtr. serta mempunyai lubang di bawahnya. Untuk meraih candi paling utama ini Anda mesti jalan hati-hati supaya tak terserang cipratan ombak yang menghantam karang.


Untuk pengunjung umum yang cuma mau nikmati keindahan Candi, kamera yaitu hal yang perlu Anda bawa ke tempat ini, lantaran Anda bakal temukan beberapa hal yang menarik untuk diabadikan. Bila cuaca cerah, Anda bisa lihat Gunung Agung di pulau Bali yang menjulang tinggi. Tetapi bila Anda datang di sore hari, matahari terbenam serta pergantian warna langit dari sore ke petang serta lalu ke malam yaitu panorama yg tidak bisa Anda terlewat.

Waktu Lebaran tiba, umat Muslim di Lombok bakal berbondong-bondong membanjiri pantai di depan pura. Mereka bakal nikmati opor ayam beramai-ramai, kue beras, ayam serta serundeng Taliwang. Ketika seperti itu Anda bakal lihat serasi yang indah dalam keragaman. Walau mereka tidak sama, mereka masih tetap akur serta hidup berbarengan dengan cara serasi.

Lantaran Pura Batu Bolong ada di kompleks Pantai Senggigi, Anda tak perlu cemas tentang sarana serta akomodasi. Di daerah ini terdapat beberapa penginapan, dari mulai hotel murah, hotel, sampai resort yang populer. Anda bisa pilih sesuai sama biaya Anda. Diluar itu, untuk masalah perut, ditempat ini Anda bisa temukan warung makan serta restoran dengan gampang. Kios souvenir, ruang parkir, toilet, seluruhnya ada di lokasi itu.


Terdapat seputar 12 km dari kota Mataram, ibukota Propinsi Nusa Tenggara Barat, bikin Pura Batu Bolong gampang dibuka oleh wisatawan serta beberapa orang yang mau berdoa di candi ini. Wisatawan yg tidak membawa kendaraan pribadi juga dapat ke tempat ini dengan angkutan umum serta taksi di Kota Mataram. Untuk akses ke Pantai Senggigi dapat Anda saksikan di artikel tentang

Tersebut sedikit info tentang Pura Batu Bolong yang ada di Lombok Barat. Bila artikel ini berguna, berbagi ke rekan-rekan Anda di media sosial untuk mengenalkan serta memajukan wisata lokal Indonesia. selain itu ada banyak obyek wisata lainya seperti Pantai Kuta Lombok atau pantai surga,jika anda berlibur ke lombok dan memerlukan jasa sewa mobil di lombok bisa kontak kami

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.